Langsung ke konten utama

Konfercab HMI Cabang Sambas Ke-VIII Nihil Gagasan

Foto Bersama Pembukaan Konfercab HMI Cabang Sambas Ke-VIII, Aula Dinas Pendidikan pada Sabtu (27/5/2023).

LAPMI - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sambas melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) Ke-VIII yang bertempat di Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, yang mana Konfercab merupakan amanat organisasi untuk memilih nahkoda baru, selain itu momen ini juga sebagai sarana evaluasi kinerja kepengurusan satu periode dan sarana menentukan langkah strategis organisasi satu periode ke depan. 

Sebagai surat ketetapan Steering Committee (SC) Konfercab Ke-VIII Nomor: 01/SC-KONFERCAB/1444H, menetapkan 5 kandidat Calon Ketua Umum, yakni Irfan Rabbani (Komisariat Manajemen Informatika), Idrus (Komisariat Agrobisnis), Riki Humaidi (Komisariat Tarbiyah), Wahyudi Wibowo Sari (Komisariat Syariah), dan Rizal (Komisariat Syariah).

Ada beberapa hal yang menjadi kekecewaan kami dalam pelaksanaan agenda tahunan ini, yang harusnya menjadi ajang adu gagasan dan program strategis ke depan namun tidak terlalu diperhitungkan. Pertama, kurangnya sosialisasi visi misi dan future plan dari kandidat calon ketua umum. Kedua, tidak adanya sesi penyampaian visi misi dan future plan dalam pelaksanaan konfercab.

Hal ini menimbulkan pertanyaan besar bagi kami berkaitan dengan tolak ukur wawasan dan kemampuan calon pemimpin kami, harusnya para calon mampu menghadirkan kreasi dan inovasi, bukan hanya sekedar memunculkan tagline perbaikan/perubahan dalam angan, karena yang diperlukan hari ini jelas bukan sekedar narasi tanpa aksi.

Apalagi sekarang kita menghadapi tahun politik, harusnya ada platform gagasan yang mempetegas posisi HMI menghadapi pesta demokrasi tersebut, bahwasanya kita sebagai organisasi kemahasiswaan yang memiliki peran strategis dan tanggungjawab dalam memberikan edukasi serta sosialisasi kepada pemuda/masyarakat agar cerdas dalam memilih, dan yang paling terpenting kader paham batasan serta posisi sehingga tidak terlibat dalam politik praktis.

Alternatif lain untuk menilai loyalitas dan kapasitas kandidat juga bisa melalui track record selama ber-HMI, terakhir besar harapan kami agar momentum ini tidak dinodai intervensi para pendahulu dan pihak luar, apalagi sampai terjadi politik transaksional, sehingga betul-betul mampu melahirkan pemimpin yang menjadi representatif harapan kader. (sdn)


Penulis : penggiat HMI Cabang Sambas

Komentar

Berita Terpopuler

PERPANJANGAN MASA JABATAN KADES 9 TAHUN DINILAI RAKUS DAN POLITIS

Aktivis kabupaten sambas, Wahyudi Wibowo Sari

Sejumlah Desa di Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas Terendam Banjir

Warga Dusun Parit Cegat melintas di jalan yang terendam banjir, Minggu (29/1/2023). LENSA LAPMI - Sejumlah Desa di Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas terendam banjir akibat hujan deras terus menerus sejak Sabtu malam (28/1/2023). Pantauan di lokasi banjir bahkan sudah merendam rumah warga dan toko toko seperti yang dialami warga Desa Piantus, Kecamatan Sejangkung. "Hingga saat ini hujan masih mengguyur Kecamatan Sejangkung dan kemungkinan air bisa bertambah naik lantaran masih turun hujan, " ujar warga Desa Piantus, Leno, Minggu (29/1/2023). Saat ini kedalaman air sudah lebih dari 30-40 cm ketika di jalan gang dusun parit cegat. Belum ada warga yang mengungsi. Warga mengatakan, tidak dapat berbuat banyak selain mengevakuasi barang-barang yang ada di toko/warung milik mereka ketempat yang lebih tinggi. " Sejumlah toko/warung warga juga terendam dan mereka mengamankan barang - barang untuk disimpan ke tempat tinggi," sambung Leno. Warga memanfaatkan perahu yang b